Cara Komplain Pos Indonesia (Terlambat, Salah Kirim, dll)

Cara Komplain Pos Indonesia (Terlambat, Salah Kirim, dll)

Bagi yang terlahir sebelum akan era 90-an tentunya tidak asing bersama dengan Pos Indonesia. Ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dulunya berlayanan mengirimkan surat pada satu lokasi bersama dengan lokasi lainnya. Namun, sejalan berkembangnya jaman, pos Indonesia waktu ini termasuk mempunyai jasa lainnya seperti pengiriman barang.


Moment Paling Banyak Terjadi Komplain Pos Indonesia

Sayangnya, usaha ini tidak selalu terjadi bersama dengan lancar. Adakalanya komplain dari pengguna jasa ekspedisi ini banyak yang masuk ke Customer Service Pos Indonesia. Terutama waktu kiriman amat padat seperti moment Bulan Puasa, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Hal ini lumrah sebenarnya. Karena terhadap waktu hari-hari besar selanjutnya pengiriman barang amat padat sekali. Sehingga tentu tersedia saja persoalan seperti barang yang terlambat, rusak, apalagi hilang terhadap waktu pengiriman.


Namun, Pos Indonesia konsisten mengusahakan untuk memajukan usahanya bersama dengan menambah berbagai layanannya seperti mempunyai halaman website dan Customer Service 24 jam. Dengan begitu, para pengguna bisa melaporkan komplain Pos Indonesia bersama dengan lebih cepat dan mudah pengaduan pos .


Jenis Komplain Pos Indonesia yang Biasanya Masuk ke Customer Service

Bagi para pebisnis yang tengah menghendaki memakai Pos Indonesia, sebaiknya jelas terutama dahulu beberapa jenis komplain yang telah masuk. Sehingga disaat memastikan memakai jenis pengiriman tersebut, para pebisnis tidak kecewa. 


Berikut ini adalah beberapa besar komplain Pos Indonesia yang banyak dikeluhkan oleh pengguna:


1. Waktu Pengiriman yang Lama

Salah satu perihal yang dikeluhkan oleh pengguna Pos Indonesia adalah pengirimannya yang memadai lama. Jika kebanyakan memakai ekspedisi pengiriman sesama Jawa hanya perlu 3-4 hari, maka penggunaan Pos bisa memakan waktu hingga lebih dari 6 hari. Lamanya waktu pengiriman inilah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Pos Indonesia.


Oleh gara-gara itu, kalau memastikan memakai Pos Indonesia, jangan menghendaki bisa berkunjung bersama dengan cepat. Karena berdasarkan pengalaman para pengguna, Pos Indonesia kebanyakan tiba paling cepat 4-7 hari sesudah diproses.


2. Paket Salah Kirim.

Terkadang tersedia persoalan paket yang tidak benar dikirimkan oleh kurir. Hal ini terjadi (biasanya) gara-gara alamat yang tertera tidak jelas, atau ambigu. Misal penulisan nomor RT/RW atau nomor tempat tinggal alamat tujuan tertera terbalik. Parahnya lagi, nomor telepon penerima termasuk tidak dicantumkan oleh si pengirim (biasanya gara-gara lupa). Alhasil paket kiriman tidak kunjung diterima oleh penerima aslinya.


Untuk menyelesaikan persoalan ini, maka si pengirim perlu menghubungi Customer Service Pos Indonesia untuk menambahkan alamat yang benar. Selanjut pihak Pos Indonesia dapat mem-follow-up persoalan ini. Biasanya pihak Pos Indonesia dapat memerintahkan si kurir untuk mengambil alih lagi paket yang tidak benar alamat tadi, kemudian mengantarkan ke penerima aslinya. 



 

2. Tidak tersedia Garansi

Sebaiknya Anda memakai jasa pengiriman Pos Indonesia hanya untuk product dan barang yang berukuran kecil saja. Dan sebaiknya harga produk/barang itu termasuk tidak amat mahal. Jadi tidak direkomendasikan untuk mengirimkan barang elektronik berwujud layar monitor PC, televisi dan smartphone, dan seterusnya lewat pos Indonesia.


Apa sebab?


Hal ini gara-gara belum adanya garansi terhadap pengiriman memakai Pos Indonesia. Maka dari itu, para pengguna tidak bisa melayangkan komplain Pos Indonesia kalau barangnya tersedia yang rusak atau tidak cocok bersama dengan yang diinginkan.


Baca termasuk : Cara Komplain TIKI ini Wajib Diketahui Pebisnis Online Shop


3. Tidak Beroperasi Pada Hari Libur & Weekend

Jenis komplain Pos Indonesia yang banyak masuk adalah waktu operasional dari usaha ini. Jika perusahaan lain kebanyakan beroperasi 24/7, maka tidak serupa bersama dengan Pos Indonesia. Mengikuti keputusan pemerintah, Pos Indonesia hanya beroperasi terhadap hari biasa bersama dengan 8 jam kerja. Hal ini memicu paket menjadi lebih lama untuk diproses.


Apabila menghendaki paket segera diproses, maka tersedia baiknya untuk mengirimkan product terhadap pagi hari. Sehingga terhadap hari selanjutnya atau maksimal H+1, paket bisa diproses agar bisa segera tiba di daerah tujuan.


Cara Mengajukan Komplain ke Pos Indonesia

Meskipun banyak kekurangan yang ada, tetapi Pos Indonesia menambahkan kemudahan untuk pengguna memberikan komplainnya. Hal ini memiliki tujuan untuk kemajuan Pos Indonesia agar bisa berkembang lebih baik dan pesat kedepannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengendalian Rayap Porotermes: Strategi Efektif untuk Mencegah Kerusakan pada Kayu

Pengurangan Denda Pajak - Opsi Keringanan Hutang Pajak